SCIENCE FEST 2017: Mengaplikasikan berbagai ilmu, menginvestigasi kasus kriminal.

Tahun ini Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS)  Universitas Katolik Parahyangan kembali menyelenggarakan sebuah perlombaan bernama Science Fest. Science Fest 2017 menggunakan konsep Crime Scene Investigation (CSI) dengan mengusung tema “Uncover The Truth”.

Berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2017 di kampus Ciumbuleuit, Universitas Katolik Parahyangan. Peserta Science Fest kali ini berasal dari berbagai siswa SMA se-Jabodetabek, dengan total 120 peserta yang dibagi ke dalam 25 tim.

Konsep CSI sendiri adalah sebuah perlombaan mengungkap kasus pembunuhan dari bukti-bukti yang ada dengan menggunakan ilmu sains terapan. Dalam perlombaan ini, para peserta diberikan kesempatan untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan, kemudian melakukan investigasi dengan menggunakan peralatan yang telah diberikan untuk memperoleh bukti dari masing-masing tempat kejadian (crime scene) yang dibagi dalam 5 spot berbeda yang tersebar di Universitas Katolik Parahyangan.

Nantinya dari hasil investigasi tersebut, para peserta akan mendapatkan bukti-bukti kasus pembunuhan. Mereka harus mempresentasikan hasil investigasi dengan memaparkan berbagai bukti yang telah mereka dapatkan dari masing-masing crime scene dan mengungkap kasus pembunuhan. Adapun tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah agar para peserta dapat menerapkan ilmu sains dalam kehidupan sehari-hari.

Dari hasil penjurian, Juara 1  dimenangkan oleh tim yang berasal dari SMA Talenta, Bandung beranggotakan Timotius Harcel Kenny, Christofora Vinantha, Juliana Wijaya, Nicholas Anthony Suhartono, dan Natasha Kristania. Sedangkan Juara 2 dan 3 diraih oleh tim siswa yang berasal dari SMA Trinitas, Bandung.