Sambutan Dekan

Selamat datang di web Fakultas Teknologi Informasi dan Sains dan salam sejahtera untuk kita semua.

Sejarah Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) dimulai dari tahun 1993. Didasari keinginan tulus dari pimpinan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) untuk turut berkontribusi dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar di Indonesia, maka pada tanggal 20 April 1993 didirikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan 2 (dua) program studi: Matematika dan Fisika. Pada tanggal 8 Agustus 1996 didirikanlah Program Studi Ilmu Komputer untuk melengkapi program studi lain yang sudah terlebih dahulu bergabung di FMIPA UNPAR. Perubahan nama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjadi Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) terjadi karena adanya perubahan nama Program Studi Ilmu Komputer menjadi Program Studi Teknik Informatika, berdasarkan SK Pengurus Yayasan UNPAR No. II/2009-04/05-SK tanggal 1 April 200.

Program Studi Matematika dan Program Studi Fisika memiliki peringkat Akreditasi A (baik sekali) yang berlaku sampai dengan bulan Oktober 2020, sedangkan  Program Studi Teknik Informatika memiliki peringkat Akreditasi B (baik) yang berlaku sampai dengan bulan Agustus 2010.

Kurikulum Program Studi Matematika menawarkan bidang minat Rekayasa Keuangan (Matematika Keuangan dan Matematika Asuransi) serta Matematika Industri. Kurikulum Program Studi Fisika diarahkan pada penguasaan fisika material dan devais, instrumentasi dan kontrol, fisika komputasi dan bidang fisika terapan lainnya sehingga lulusan dapat memperoleh dasar ilmiah dan metodologis yang kuat untuk memecahkan masalah baik dalam bidang fisika maupun bidang lainnya. Kurikulum Program Studi Teknik Informatika diarahkan agar lulusannya memiliki kompetensi untuk menjadi Wirausahawan berbasis teknologi / Technopreneur.

Ketiga program studi di FTIS dibina oleh dosen-dosen yang merupakan lulusan perguruan-perguruan tinggi terbaik di luar maupun di dalam negeri. Alumni FTIS tidak hanya dibekali dengan ilmu-ilmu pengetahuan, tetapi juga dibekali softskill yang menjadikan mereka menjadi orang yang berilmu dan terampil dibidangnya, serta memilki karakter dan kepribadian yang membanggakan. Hal ini dibuktikan oleh para lulusan yang sudah bekerja diberbagai perusahaan dan industri,  ataupun bekerja diberbagai institusi pendidikan di dalam dan luar negeri, baik di luar maupun di dalam negeri.

Untuk menjaga mutu dan kompetensi lulusan, ketiga program studi di FTIS merevisi kurikulum secara berkala disesuikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan dunia kerja. Selain itu, program studi secara rutin menghadirkan praktisi dan pakar sebagai dosen tamu atau pembicara tamu. Ketiga program studi juga senantiasa menjalin kerjasama dengan industri, asosiasi profesi, ataupun institusi pendidikan dan penelitian lain. Beberapa sertifikasi keahlian / sertifikasi profesi memungkinkan diperoleh peserta kuliah / mahasiswa yang sudah lulus matakuliah tertentu. Sarana dan prasarana yang mendukung perkuliahan senantiasa di-upgrade agar sesuai dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ketiga program studi di FTIS senantiasa terus tumbuh dan berkembang untuk dapat menjadi institusi pendidikan yang terdepan dibidang ilmunya masing-masing.

 

Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains – UNPAR

Dr. Ferry Jaya Permana, Drs., MSi, ASAI

 

 

X