RANGKAIAN DIES PERAK FTIS: SCIENCE FEST 2018 “STARDUST “

Pada hari Sabtu, 28 April 2018, Fakulatas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) menyelenggarakan program kerja gabungan antara ketiga program studi yang ada di FTIS, yaitu Matematika, Fisika, dan Informatika. Science Fest: Stardust merupakan acara kemahasiswaan terbesar FTIS yang dibuat dalam rangka  merayakan Dies Natalis FTIS ke-25.

Berbeda dengan konsep-konsep acara FTIS pada umumnya, Science Fest bertujuan untuk menunjukkan sisi kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh FTIS kepada umum. Acara diadakan di gedung 10 lantai 3 dan 4 dengan konsep festival yang interaktif. Hal ini tercermin tidak hanya pameran sains dan teknologi di booth-booth festival namun juga diadakannya escape room pertama di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan

Konsep Science Fest: Stardust ini adalah sebuah pameran yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat luas tentang wonders of science atau keajaiban-keajaiban sains dan teknologi. Selain itu, acara dibuat untuk merayakan sains sebagai dasar ilmu pengetahuan dari banyak hal. Nantinya, melalui science fest ini, ada harapan juga untuk memperkenalkan ketiga program studi: Matematika, Fisika, Teknik Informatika yang dibawah naungan FTIS.

         

Acara in diramaikan oleh begitu banyak elemen, dimulai dari pameran sains, tenant-tenant makanan dan minuman, serta panggung. Pameran sains terdiri dari booth himpunan Matematika, booth himpunan Informatika, Bengkel Sains, Far Games, aplikasi Kiri dan Internet of Things (IoT). Setiap booth membawakan unsur-unsur pengetahuan yang eksak namun disajikan dalam bentuk yang interaktif. Baik permainan logika maupun eksperimen-eksperimen, semua disajikan dalam bentuk yang kreatif.

Selain itu, ada juga berbagai kegiatan interaktif dari MC, performance di panggung, mini-games, serta live-painting. Acara ditutup oleh berbagai pertunjukkan dari berbagai band di FTIS di mana setiap mahasiswa maupun alumni FTIS dapat menunjukkan bakatnya. Melalui acara Science Fest: Stardust ini, tim panitia berharap untuk setiap masyarakat luas yang datang dapat menikmati dan merayakan selebrasi & kreasi sains dan teknologi mahasiswa FTIS UNPAR.