Matematika

Program studi Matematika memiliki peringkat akreditasi A melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 1021/SK/BAN-PT/Akred/S/10/2015 tertanggal 3 Oktober 2015, yang berlaku sampai dengan

Program Studi Matematika menawarkan dua konsentrasi, yaitu Matematika Industri dan Terapan dan Matematika Keuangan dan Asuransi. Kurikulum Program Studi Matematika, dengan dua konsentrasi ini disusun dan dievaluasi secara periodik dengan memperhatikan kepentingan dari berbagai pemangku kepentingan. Para dosen di Program Studi Matematika memiliki kompetensi yang tinggi di bidang masing-masing, dan umumnya para dosen adalah alumni dari Perguruan Tinggi ternama di dalam dan di luar negeri.

Konsentrasi Matematika Industri dan Terapan menawarkan berbagai mata kuliah yang berisikan dasar-dasar pengetahuan Matematika dan terapannya sebagai alat bantu penyelesaian masalah-masalah nyata. Sedangkan konsentrasi Matematika Keuangan dan Asuransi memberikan dasar-dasar pengetahuan Matematika dan terapannya di bidang Keuangan dan Asuransi melalui berbagai mata kuliah yang ditawarkan. Melalui mata kuliah yang diberikan pada konsentrasi Matematika Keuangan dan Asuransi, mahasiswa memperoleh bekal untuk menempuh ujian sertifikasi  Aktuaris, untuk memperoleh sebutan Ajun Aktuaris (ASAI) yang dikeluarkan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia, dengan status mereka sebagai mahasiswa. Saat ini, Indonesia masih sangat membutuhkan tenaga Aktuaris untuk bekerja di dunia asuransi. Melalui kerja sama yang sedang dirintis saat ini oleh Program Studi Matematika dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, diharapkan Program Studi Matematika dapat berperan dalam mengisi kebutuhan tenaga aktuaris ini.

Selain itu, lingkungan akademik di Program Studi Matematika yang kondusif memungkinkan para mahasiswa untuk mengembangkan segenap potensinya di bidang Matematika antara lain melalui kegiatan perkuliahan, kuliah tamu, Seminar Nasional Matematika dan Kompetisi Matematika tingkat SMP dan SMU se Jawa, Bali dan Sumatera yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Untuk mengembangkan softskill mahasiswa, beberapa kegiatan di dalam kuliah seperti diskusi, kerja kelompok dan presentasi maupun melalui unit kegiatan mahasiswa di Unpar juga terus difasilitasi dan dikembangkan. Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat unggulan yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa PS Matematika adalah kegiatan Komunitas Ibu Belajar Matematika yang melibatkan  lima sekolah dasar yang berada disekitar lingan kampus.

DSC_0233

X