MAHASISWA MATEMATIKA UNPAR MENGIKUTI 2018 SUMMER INTERNATIONAL ACADEMIC CAMP, SWUFE DI CHENGDU, CHINA

Selama 2 minggu, dari tanggal 1 Juli sampai dengan 14 Juli 2018, dua orang mahasiswa Program Studi Matematika UNPAR, Avelino Kostka dan Claresta Felim,   mengikuti 2018 Summer International Academic Camp, SWUFE (South West  University of Finance and Economics).  Banyak pengalaman berharga yang diperoleh selama mengikuti kegiatan tersebut.

Summer International Internasional Academic Camp merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh South West  University of Finance and Economics (SWUFE), salah satu universitas terbaik di China yang berlokasi di kota Chengdu. Kegiatan tersebut mengundang ratusan mahasiswa internasional, dengan memberi bantuan dana untuk registration, tuition fee, house and dining, activities and trips.

Avelino Kostka dan Claresta Felim mendaftar melalui School of Statistics, SWUFE. Selama 2 minggu Avelino dan Claresta mengikuti berbagai kegiatan akademik, budaya dan kunjungan wisata.

Upacara pembukaan merupakan kegiatan yang mungkin tidak dapat terlupakan. Di sana seluruh peserta   disajikan permainan sinar laser yang memukau disertai dengan pertunjukkan budaya China yang sangat memukau seperti Chinese traditional music, Sichuan opera, Kungfu performance dan Face-Changing Dance.

Ada 6 sesi Academic Lecture yang diikuti dengan topik terkait Big Data, Aspek Teori dan Praktis dari Post-Modern Portfolio, serta Correlation Data Structure Modelling. Academic lecture tersebut diberikan para profesor yang pakar di bidangnya dan berasal dari berbagai universitas internasional bereputasi seperti Gent University Belgium, London School of Economics, University of Michigan, Dresden University of Technology serta Vrije Universiteit Belgium, selain para profesor dari SWUFE.

   

 

Selain kegiatan academic, Avelino Kostka dan Claresta Felim berkesempatan mengikuti berbagai Cultural Activities seperti Chinese Tea Art, Martial Art, Calligraphy, Thai Chi Class.  Mereka berkesempatan pula mengunjungi berbagai tempat menarik di Chengdu seperti mengunjungi Monetary Museum, Sichuan Proviincial Museum, SWUFE History Museum serta berbagai tempat wisata yang sarat dengan penginggalan sejarah. Kunjungan yang paling menarik adalah kunjungan ke Panda Base.  Kota Chengdu merupakan salah satu kota di China yang memiliki pusat pelestarian Panda. Di tempat tersebut, mereka dapat melihat keberhasilan pemerintah China melakukan upaya pembiakan dan pelestarian Panda.

Diakhir kegiatan, para peserta diminta membuat report yang menceritakan pengalaman yang mereka alami selama mengikuti kegiatan tersebut, dan men-sharing-kannya di hadapan beberapa dosen School of Statistics, SWUFE dan para peserta lain.

Banyak manfaat yang diperoleh Avelino dan Claresta selama mengikuti 2 minggu kegiatan tersebut. Selain menambah ilmu dan wawasan, mereka memiliki kesempatan mengenal budaya China, merasakan atmosfer internasional dan tentu saja persahabatan dengan mahasiswa dari berbagai negara dengan saling memperkenalkan budaya asal. Cuaca yang tidak bersahabat selama dua minggu yang ditandai dengan hujan angin yang berkepanjangan terbayar lunas dengan pengalaman manis dan berharga yang didapatkan.  Dapat merasakan atmosfer pendidikan dan pertemanan berskala internasional memperkaya pengalaman Avelino dan Claresta.

Semoga keikutsertaaan dalam kegiatan tersebut, membuka minat mahasiswa Program Studi Matematika UNPAR untuk lebih banyak terlibat dalam kegiatan internasional sejenis.