Kompetisi Pemrograman XIII Unpar

Kompetisi-Pemrograman-715x300

Pada hari Sabtu 21 Februari 2015, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika bekerja sama dengan Program Studi Teknik Informatika UNPAR mengadakan Kompetisi Pemrograman XIII. Kegiatan ini merupakan kompetisi pemrograman nasional untuk tingkat SMA yang sudah berhasil diselenggarakan selama 13 tahun berturut-turut. Berbeda dengan kompetisi tingkat SMA lainnya yang kebanyakan memperlombakan materi yang dipelajari di SMA, kompetisi pemrograman memperlombakan kemampuan yang tidak diajarkan di kebanyakan SMA. Namun melihat peserta setiap tahunnya, terlihat bahwa cukup banyak siswa SMA yang memiliki kemampuan pemrograman yang baik. Yang menarik adalah pada tahun ini ada 2 siswa SMP yang ikut serta dan bahkan berhasil meraih juara. Dengan demikian maka kompetisi ini merupakan suatu ajang bagi siswa SMA dan bahkan SMP yang memiliki minat dalam bidang pemrograman untuk menguji kemampuannya.

Bentuk kompetisi pemrograman kali ini adalah menyelesaikan 10 soal dengan membuat program komputer selama 5 jam berturut-turut. Penilaian dilakukan secara otomatis menggunakan program komputer yang dapat menilai kebenaran program yang dibuat peserta berdasarkan spesifikasi soal yang telah diberikan sebelumnya.

Pada tahun ini tercatat 32 peserta dari 19 sekolah yang ikut serta. Sekolah yang berpartisipasi tersebar dari Bandung, Jakarta, Garut, Cirebon, Semarang, Sragen, Surabaya dan Jambi. Juara 1 dimenangkan oleh Kezia Sulami dari SMPK IPEKA Sunter 2. Juara 2 dimenangkan oleh Stacia Edina Johanna dari SMAK Kr. Petra 3 Surabaya. Sedangkan juara 3 diraih oleh Jerrell Ezralemuel dari SMAK Penabur Gading Serpong.

X